Main Article Content
Abstract
Proses penyusunan skripsi menyita waktu dan pikiran menjadikan mahasiswa merasa terbebani. Oleh karena itu, skripsi dapat digolongkan sebagai salah satu kecemasan bagi mahasiswa. Penatalaksanaan untuk menurunkan kecemasan dan stress dapat dilakukan denagn cara membagi beban pikiran tersebut ke orang lain dan mencari solusi secara Bersama dengan brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Terapi Brainstorming dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Mahasiswa yang menjalani Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain Pre Experiment pre and post test without control group desain. Instrument penelitian menggunakan Zung-Selft Anxiety Rate Scale. Analisa data menggunakan Wilcoxon dengan jumlah sampel sebanyak 74 mahasiswa. Hasil Penelitian menunjukkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p value 0,000 dengan perubahan tingkat kecemasan pre test paling banyak cukup sebanyak 44 orang (59,5%) dan sesudah intervensi tingkat kecemasan post test paling banyak ringan sebanyak 62 orang (83,8%). Kesimpulan ada Pengaruh Terapi Brainstorming terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa yang menjalani Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
References
- Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Multi Science Keshatan, 9.
- Aldeirre, D., Ratna K., & Erna H. (2018). “Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Materi Vertebrata Pada Peserta didik SMA”. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2). 110 – 116
- Amalia, Sinta., Edison & Samsaifil.(2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1)
- Anggun, P. A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
- Ayuningtyas, V. E. ( 2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
- Benson, H. (2021). The Relaxation Response: HarperCollins Publishers.
- Carvalho, F., & Nunes, J. (2021). Brainstorming Efficiency in Multicultural Teams: How Cultural Diversity Affects Idea Generation. Journal of Cross-Cultural Psychology, 52(4), 488-501. doi:https://doi.org/10.1177/00220221211002158
- Creswell, J. D., & Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: Sage Publications.
- Faure, S., & Rouleau, N. (2022). The Impact of Brainstorming Techniques on Group Creativity: A Meta-Analysis of Experimental Studies. Creativity Research Journal, 34(2), 193-208. doi:https://doi.org/10.1080/10400419.2022.2040301
- Filer. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Stikes Payung Negeri Pekan Baru. . Jurnal Ners Indonesia, 8(2).
- Hadiansah, Ading P., & Maya A. F. (2017). “Penguasaan Konsep Peserta didikpada Materi Sistem Pernapasan Melalui Pembelajaran Brainstorming”. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7 (1). 2338-7173.
- Kim, S., & Lee, J. H. (2023). Enhancing Creativity Through Hybrid Brainstorming Sessions: Combining In-Person and Online Collaboration. Technology Innovation Management Review, 13(2), 30-43. doi: https://doi.org/10.22215/timreview/1530
- Lianasari, D., Japar, M., & Purwati. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 6–10.
- Liu, Y., & Nouri, R. (2022). Brainstorming and Idea Sharing in Virtual Teams: Challenges and Opportunities in Digital Collaboration. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 26(3), 202-214. doi:https://doi.org/10.1037/gdn0000157
- Lubis., R. A. (2019). Kecemasan Menyusun Skripsi Ditinjau Dari Perfeksionisme Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Psikologi Prima, 2(2).
- Nur, F. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia: Penerbit Andi.
- Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational Behavior: Pearson Education.
- Rulistiani, V. U., Asyura, I., Kamali, A. S., & Linda. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). doi:DoI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1784
- Santrock, J. W. (2020). Psychology: McGraw-Hill Education.
- Sari, D. W., & Abdullah, S. M. (2021). Thought Stopping untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Intervensi Psikologi, 13(2), 139-148. doi:DOI :10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art5
- Satriana, D. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Kecemasan Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Penyusunan Skripsi Jurusan Perbandingan MAhzab Dan Hukum Di Fakultas Syari‟ah Dan Hukum UIN Alauddin Makasar. Jurnal Kesehatan Diagnosis, 13(1).
- Schultze, U., & Brooks, A. (2022). Virtual Reality Brainstorming: Examining the Impact of Immersive Environments on Idea Generation. Computers in Human Behavior, 137(1). doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107435
- Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepualauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Saind, 6(2), 190-199.
- Susilo, Tri Endra Pramanda & Eldawaty.(2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah BK, 4(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
- Wang, X., & Chen, H. (2023). The Influence of Online Brainstorming on Innovation: Examining the Role of Digital Tools in Collaborative Creativity. Journal of Creative Behavior, 5(1), 21-34. doi:https://doi.org/10.1002/jocb.568
- Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The Theory and Practice of Group Psychotherapy: Basic Books.
- Zhang, L., & Liu, X. (2023). Effects of Leadership Styles on Group Brainstorming Performance in Creative Teams. Leadership & Organization Development Journal, 44(1), 94-110. doi:https://doi.org/10.1108/LODJ-01-2022-0013
References
Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Multi Science Keshatan, 9.
Aldeirre, D., Ratna K., & Erna H. (2018). “Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Materi Vertebrata Pada Peserta didik SMA”. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2). 110 – 116
Amalia, Sinta., Edison & Samsaifil.(2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1)
Anggun, P. A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
Ayuningtyas, V. E. ( 2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Benson, H. (2021). The Relaxation Response: HarperCollins Publishers.
Carvalho, F., & Nunes, J. (2021). Brainstorming Efficiency in Multicultural Teams: How Cultural Diversity Affects Idea Generation. Journal of Cross-Cultural Psychology, 52(4), 488-501. doi:https://doi.org/10.1177/00220221211002158
Creswell, J. D., & Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: Sage Publications.
Faure, S., & Rouleau, N. (2022). The Impact of Brainstorming Techniques on Group Creativity: A Meta-Analysis of Experimental Studies. Creativity Research Journal, 34(2), 193-208. doi:https://doi.org/10.1080/10400419.2022.2040301
Filer. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Stikes Payung Negeri Pekan Baru. . Jurnal Ners Indonesia, 8(2).
Hadiansah, Ading P., & Maya A. F. (2017). “Penguasaan Konsep Peserta didikpada Materi Sistem Pernapasan Melalui Pembelajaran Brainstorming”. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7 (1). 2338-7173.
Kim, S., & Lee, J. H. (2023). Enhancing Creativity Through Hybrid Brainstorming Sessions: Combining In-Person and Online Collaboration. Technology Innovation Management Review, 13(2), 30-43. doi: https://doi.org/10.22215/timreview/1530
Lianasari, D., Japar, M., & Purwati. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 6–10.
Liu, Y., & Nouri, R. (2022). Brainstorming and Idea Sharing in Virtual Teams: Challenges and Opportunities in Digital Collaboration. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 26(3), 202-214. doi:https://doi.org/10.1037/gdn0000157
Lubis., R. A. (2019). Kecemasan Menyusun Skripsi Ditinjau Dari Perfeksionisme Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Psikologi Prima, 2(2).
Nur, F. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia: Penerbit Andi.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational Behavior: Pearson Education.
Rulistiani, V. U., Asyura, I., Kamali, A. S., & Linda. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). doi:DoI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1784
Santrock, J. W. (2020). Psychology: McGraw-Hill Education.
Sari, D. W., & Abdullah, S. M. (2021). Thought Stopping untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Intervensi Psikologi, 13(2), 139-148. doi:DOI :10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art5
Satriana, D. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Kecemasan Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Penyusunan Skripsi Jurusan Perbandingan MAhzab Dan Hukum Di Fakultas Syari‟ah Dan Hukum UIN Alauddin Makasar. Jurnal Kesehatan Diagnosis, 13(1).
Schultze, U., & Brooks, A. (2022). Virtual Reality Brainstorming: Examining the Impact of Immersive Environments on Idea Generation. Computers in Human Behavior, 137(1). doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107435
Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepualauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Saind, 6(2), 190-199.
Susilo, Tri Endra Pramanda & Eldawaty.(2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah BK, 4(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Wang, X., & Chen, H. (2023). The Influence of Online Brainstorming on Innovation: Examining the Role of Digital Tools in Collaborative Creativity. Journal of Creative Behavior, 5(1), 21-34. doi:https://doi.org/10.1002/jocb.568
Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The Theory and Practice of Group Psychotherapy: Basic Books.
Zhang, L., & Liu, X. (2023). Effects of Leadership Styles on Group Brainstorming Performance in Creative Teams. Leadership & Organization Development Journal, 44(1), 94-110. doi:https://doi.org/10.1108/LODJ-01-2022-0013