Main Article Content

Abstract

Proses penyusunan skripsi menyita waktu dan pikiran menjadikan mahasiswa merasa terbebani. Oleh karena itu, skripsi dapat digolongkan sebagai salah satu kecemasan bagi mahasiswa. Penatalaksanaan untuk menurunkan kecemasan dan stress dapat dilakukan denagn cara membagi beban pikiran tersebut ke orang lain dan mencari solusi secara Bersama dengan brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Terapi Brainstorming dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Mahasiswa yang menjalani Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain Pre Experiment pre and post test without control group desain. Instrument penelitian menggunakan Zung-Selft Anxiety Rate Scale. Analisa data menggunakan Wilcoxon dengan jumlah sampel sebanyak 74 mahasiswa. Hasil Penelitian menunjukkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p value 0,000 dengan perubahan tingkat kecemasan pre test paling banyak cukup sebanyak 44 orang (59,5%) dan sesudah intervensi tingkat kecemasan post test paling banyak ringan sebanyak 62 orang (83,8%). Kesimpulan ada Pengaruh Terapi Brainstorming terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa yang menjalani Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta

Keywords

Brainstorming Kecemasan Skripsi

Article Details

How to Cite
Yuniati, W., & Saputro, S. D. (2025). Pemberian Terapi Brainstorming Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Yang Menjalani Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 6(1), 56–63. https://doi.org/10.55644/jkc.v6i01.228

References

  1. Afriani, B. (2018). Motivasi Mahasiswa Dan Dukungan Keluarga terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Multi Science Keshatan, 9.
  2. Aldeirre, D., Ratna K., & Erna H. (2018). “Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Materi Vertebrata Pada Peserta didik SMA”. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2). 110 – 116
  3. Amalia, Sinta., Edison & Samsaifil.(2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1)
  4. Anggun, P. A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
  5. Ayuningtyas, V. E. ( 2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
  6. Benson, H. (2021). The Relaxation Response: HarperCollins Publishers.
  7. Carvalho, F., & Nunes, J. (2021). Brainstorming Efficiency in Multicultural Teams: How Cultural Diversity Affects Idea Generation. Journal of Cross-Cultural Psychology, 52(4), 488-501. doi:https://doi.org/10.1177/00220221211002158
  8. Creswell, J. D., & Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: Sage Publications.
  9. Faure, S., & Rouleau, N. (2022). The Impact of Brainstorming Techniques on Group Creativity: A Meta-Analysis of Experimental Studies. Creativity Research Journal, 34(2), 193-208. doi:https://doi.org/10.1080/10400419.2022.2040301
  10. Filer. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Stikes Payung Negeri Pekan Baru. . Jurnal Ners Indonesia, 8(2).
  11. Hadiansah, Ading P., & Maya A. F. (2017). “Penguasaan Konsep Peserta didikpada Materi Sistem Pernapasan Melalui Pembelajaran Brainstorming”. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 7 (1). 2338-7173.
  12. Kim, S., & Lee, J. H. (2023). Enhancing Creativity Through Hybrid Brainstorming Sessions: Combining In-Person and Online Collaboration. Technology Innovation Management Review, 13(2), 30-43. doi: https://doi.org/10.22215/timreview/1530
  13. Lianasari, D., Japar, M., & Purwati. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 6–10.
  14. Liu, Y., & Nouri, R. (2022). Brainstorming and Idea Sharing in Virtual Teams: Challenges and Opportunities in Digital Collaboration. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 26(3), 202-214. doi:https://doi.org/10.1037/gdn0000157
  15. Lubis., R. A. (2019). Kecemasan Menyusun Skripsi Ditinjau Dari Perfeksionisme Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Psikologi Prima, 2(2).
  16. Nur, F. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia: Penerbit Andi.
  17. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational Behavior: Pearson Education.
  18. Rulistiani, V. U., Asyura, I., Kamali, A. S., & Linda. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). doi:DoI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1784
  19. Santrock, J. W. (2020). Psychology: McGraw-Hill Education.
  20. Sari, D. W., & Abdullah, S. M. (2021). Thought Stopping untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Intervensi Psikologi, 13(2), 139-148. doi:DOI :10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art5
  21. Satriana, D. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Kecemasan Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Penyusunan Skripsi Jurusan Perbandingan MAhzab Dan Hukum Di Fakultas Syari‟ah Dan Hukum UIN Alauddin Makasar. Jurnal Kesehatan Diagnosis, 13(1).
  22. Schultze, U., & Brooks, A. (2022). Virtual Reality Brainstorming: Examining the Impact of Immersive Environments on Idea Generation. Computers in Human Behavior, 137(1). doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107435
  23. Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepualauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Saind, 6(2), 190-199.
  24. Susilo, Tri Endra Pramanda & Eldawaty.(2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah BK, 4(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
  25. Wang, X., & Chen, H. (2023). The Influence of Online Brainstorming on Innovation: Examining the Role of Digital Tools in Collaborative Creativity. Journal of Creative Behavior, 5(1), 21-34. doi:https://doi.org/10.1002/jocb.568
  26. Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The Theory and Practice of Group Psychotherapy: Basic Books.
  27. Zhang, L., & Liu, X. (2023). Effects of Leadership Styles on Group Brainstorming Performance in Creative Teams. Leadership & Organization Development Journal, 44(1), 94-110. doi:https://doi.org/10.1108/LODJ-01-2022-0013