Main Article Content
Abstract
Perkembangan bicara dan bahasa anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor lingkungan dan stimulus yang diterima anak merupakan factor yang penting bagi anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk stimulasi pada anak. Pendidikan anak usia dini adalah intervensi dengan menciptakan lingkungan sekitar anak usia dini agar mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah chi square dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai p = 0,002, menunjukkan p < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan PAUD dengan perkembangan bicara dan bahasa pada anak dini (30 – 60 bulan) di PAUD Kasih Ibu Jakarta Utara. Perawat mempunyai peranan penting dalam memberikan stimulasi dan pendidikan tentang tumbuh kembang anak usia dini terhadap orang tua, salah satunya adalah orang tua memberikan kesempatan pada anak mengikuti pendidikan anak usia dini.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
References
-
DAFTAR PUSTAKA
Baraja, A. (2008). Perkembangan Psikologi.Jakarta : Studi Press
Budiman, dan RiyantoAgus (2013). Pengetahuan dan Sikap dalam Peneitian Kesehatan. Jakarta:
Salemba Medika
Dharmayanti, M. (2006). Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) Anak. Sari Pediatri 8
: 9-15
Diana, M (2011). Perbedaan Tumbuh Kembang Anak pada Posyandu yang Terintegrasi PAUD.
Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas Vol 6 No 1.
http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/82.Diakses
Dorlina, N (2011). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal Pembinaan & Pendidikan.
Vol 8 No 1.
Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode pengembangan bahasa.
Handayani, Anik, dan Amin. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi
Verbal dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah di TK PGRI 116 Bangetayu
Wetan. FIKKes 6.2 Vol. 6 No. 2, pp. 76-82, Oktober, 2013
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan,
Jakarta: Salemba Medika
Hurlock, B. Elizabeth. (2006). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi ke- 6, Jakarta:Penerbit Erlangga
Ikalor, A. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan. Vol.
7(1): 1 – 6
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Data dan Informasi Tahun 2014. (Profil Kesehatan
Indonesia). Jakarta : 2015
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa.
Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 459 – 464
Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nursalam, (2008). Konsep Penerapan dan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta :
Salemba Medika
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 1. Jakarta Erlangga
Soetjiningsih. (2008). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Suryawan, A (2012). Penyebab Anak Alami Keterlambatan Bicara. Jawapos
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara. Bandung : Angkasa wq
Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed 6 Vol 1. Jakarta : EGC
Widyastuti, D, dan Widyani, R. (2001). Panduan Perkembangan Anak 0 Sampai 1 Tahun. Jakarta:
Puspa Swara.
References
Baraja, A. (2008). Perkembangan Psikologi.Jakarta : Studi Press
Budiman, dan RiyantoAgus (2013). Pengetahuan dan Sikap dalam Peneitian Kesehatan. Jakarta:
Salemba Medika
Dharmayanti, M. (2006). Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) Anak. Sari Pediatri 8
: 9-15
Diana, M (2011). Perbedaan Tumbuh Kembang Anak pada Posyandu yang Terintegrasi PAUD.
Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas Vol 6 No 1.
http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/82.Diakses
Dorlina, N (2011). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal Pembinaan & Pendidikan.
Vol 8 No 1.
Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode pengembangan bahasa.
Handayani, Anik, dan Amin. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi
Verbal dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah di TK PGRI 116 Bangetayu
Wetan. FIKKes 6.2 Vol. 6 No. 2, pp. 76-82, Oktober, 2013
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan,
Jakarta: Salemba Medika
Hurlock, B. Elizabeth. (2006). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi ke- 6, Jakarta:Penerbit Erlangga
Ikalor, A. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan. Vol.
7(1): 1 – 6
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Data dan Informasi Tahun 2014. (Profil Kesehatan
Indonesia). Jakarta : 2015
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa.
Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 459 – 464
Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nursalam, (2008). Konsep Penerapan dan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta :
Salemba Medika
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 1. Jakarta Erlangga
Soetjiningsih. (2008). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Suryawan, A (2012). Penyebab Anak Alami Keterlambatan Bicara. Jawapos
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara. Bandung : Angkasa wq
Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed 6 Vol 1. Jakarta : EGC
Widyastuti, D, dan Widyani, R. (2001). Panduan Perkembangan Anak 0 Sampai 1 Tahun. Jakarta:
Puspa Swara.