Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mempelajari gambaran metode demonstarsi terhadap peningkatan prestasi mahasiswa semester II pada pembelajaran keterampilan memandikan pasien di Akper RS PGI Cikini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. total sampel yang digunakan sebanyak 37 orang.
Pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala dan data dianalisis dengan mengunakan spss. Hasil dari penglolahan data menunjukan : pertama, dosen melakukan demosntasi kepada mahasiswa sangat baik (62.2%) Kedua , Prestasi belajar Mahasiswa sangat baik dalam melakukan prosedur keperawatan memandikan pasien ( 81.1%), ketiga metode demonstrasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan psikomotor pada penddikan keperawatan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
References
- Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung Arikunto.S,(2002), Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktek”. Rineka Cipta. Jakarta.
- Claramita, M., Widyandana. (2007).. Skills Laboratory.Yogyakarta:Fakultas Kedokteran UGM.
- Darmawang. (2008). Strategi Pembelajaran Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit.
- Daryanto. (2009.) Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta. Depdikbud.
- Djamarah Syaiful, B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.
- Fathurrohman, Pupuh.(2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung TRefika Aditama.
- Hamdani.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
- Hastuti ( 2010 ), Analisis pembelajaran laboratorium keperawatan jiwa Akper PKU
- Muhammadiyah Surakarta,diakses 1 November 2016, < http://eprints.uns.ac.id/9784>.
- Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Muhibbin Syah.(2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muchith, M.Sackhan.2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup.
- Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
- Grafindo Persada. Syaiful, Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Sumiati dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran, CV. Wacana Prima, Bandung.
- Smaldino, S., Lowter, D. and Russel, J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning, 10th Edition.
- Australasian Journal of Educational Technology, 29(3). Diakses pada tanggal 17 Desember (2015) dari http://www.pearsonhighered. Com
- Slameto.( 2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
- Westwood, Peter. S. (2008). What Teachers Need to Know about Reading and Writing Difficulties. Victoria: ACER Press https://core.ac.uk/download/pdf/16506864. pdf
References
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung Arikunto.S,(2002), Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktek”. Rineka Cipta. Jakarta.
Claramita, M., Widyandana. (2007).. Skills Laboratory.Yogyakarta:Fakultas Kedokteran UGM.
Darmawang. (2008). Strategi Pembelajaran Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit.
Daryanto. (2009.) Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta. Depdikbud.
Djamarah Syaiful, B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.
Fathurrohman, Pupuh.(2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung TRefika Aditama.
Hamdani.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hastuti ( 2010 ), Analisis pembelajaran laboratorium keperawatan jiwa Akper PKU
Muhammadiyah Surakarta,diakses 1 November 2016, < http://eprints.uns.ac.id/9784>.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhibbin Syah.(2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muchith, M.Sackhan.2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada. Syaiful, Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Sumiati dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran, CV. Wacana Prima, Bandung.
Smaldino, S., Lowter, D. and Russel, J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning, 10th Edition.
Australasian Journal of Educational Technology, 29(3). Diakses pada tanggal 17 Desember (2015) dari http://www.pearsonhighered. Com
Slameto.( 2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Westwood, Peter. S. (2008). What Teachers Need to Know about Reading and Writing Difficulties. Victoria: ACER Press https://core.ac.uk/download/pdf/16506864. pdf